Lomba Keberhasilan Guru 2009


Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional Tahun 2009

Departemen Pendidikan Nasional berusaha secara kontinyu meningkatkan
kemampuan profesional guru dalam pembelajaran. Salah satu kegiatannya
adalah menyelenggarakan "Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional ". Keberhasilan guru dalam pembelajaran tercermin dari hasil
penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.


A. TEMA
Tema lomba adalah "Melalui Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Kita Tingkatkan Profesionalitas Guru sebagai Agen Pembelajaran yang Kreatif
dan Inovatif
".


B. TUJUAN
1. Memotivasi guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran.
2. Mendorong guru untuk selalu meningkatkan kemampuan meneliti, mengkaji, mengevaluasi, mengembangkan kreativitas, dan inovasi untuk menghasilkan pembelajaran yang bermutu.
3. Menanamkan budaya, minat, bakat dan kebiasaan untuk pengembangan hasil kegiatan pengembangan profesi baik lisan maupun tulisan secara baik dan benar.
4. Menyebarluaskan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu pembelajaran, sehingga dapat dimanfaatkan dan dijadikan referensi bagi guru lainnya.


C. LINGKUP LOMBA
Sesuai dengan proses seleksi di atas, karya lomba peserta harus mengacu kepada hal-hal sebagai berikut:
1. Materi
Strategi pembelajaran untuk beberapa mata pelajaran pada satuan pendidikan:
a. SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS.
1
Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional Tahun 2009
Departemen Pendidikan Nasional berusaha secara kontinyu meningkatkan
kemampuan profesional guru dalam pembelajaran. Salah satu kegiatannya
adalah menyelenggarakan "Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Tingkat Nasional ". Keberhasilan guru dalam pembelajaran tercermin dari hasil
penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi dalam perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.
A. TEMA
Tema lomba adalah "Melalui Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran
Kita Tingkatkan Profesionalitas Guru sebagai Agen Pembelajaran yang Kreatif
dan Inovatif ".
B. TUJUAN
1. Memotivasi guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam
merencanakan, melaksanakan, serta menilai proses dan hasil
pembelajaran.
2. Mendorong guru untuk selalu meningkatkan kemampuan meneliti,
mengkaji, mengevaluasi, mengembangkan kreativitas, dan inovasi untuk
menghasilkan pembelajaran yang bermutu.
3. Menanamkan budaya, minat, bakat dan kebiasaan untuk pengembangan
hasil kegiatan pengembangan profesi baik lisan maupun tulisan secara baik
dan benar.
4. Menyebarluaskan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan
mutu pembelajaran, sehingga dapat dimanfaatkan dan dijadikan referensi
bagi guru lainnya.
C. LINGKUP LOMBA
Sesuai dengan proses seleksi di atas, karya lomba peserta harus mengacu
kepada hal-hal sebagai berikut:
1. Materi
Strategi pembelajaran untuk beberapa mata pelajaran pada satuan pendidikan:
a. SD untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS.

b. SMP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan IPS.
c. SMA untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, matematika, Geografi, Sejarah, Ekonomi/Akuntansi, dan Sosiologi/Antropologi.
2. Isi
a. Kegiatan penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi yang dilakukan oleh guru dan terbukti berhasil meningkatkan proses dan/atau hasil pembelajaran.
b. Upaya nyata guru dan terbukti berhasil dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian proses dan hasil pembelajaran.


D. ASPEK YANG DINILAI
a. Keaslian atau orisinilitas naskah lomba yang dibuat oleh guru yang bersangkutan, bukan jiplakan karya orang lain.
b. Bersifat inovatif, spesifik dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, latar belakang siswa serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.
c. Naskah ditulis sesuai dengan kerangka penulisan hasil laporan penelitian, kajian, atau evaluasi.
d. Hasil Pembelajaran atau kebermanfaatannya dalam meningkatkan mutu pendidikan.


E. PERSYARATAN PENULISAN NASKAH LOMBA
1. Lomba bersifat perseorangan.
2. Naskah lomba berupa hasil penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi yang dilakukan dan disusun secara ilmiah.
3. Peserta lomba hanya diperbolehkan mengirimkan satu naskah lomba yang sesuai dengan bidang tugas yang menjadi tanggungjawabnya (bila mengirimkan lebih dari satu naskah lomba dinyatakan gugur).
4. Surat pernyataan penulis, bahwa naskah lomba tersebut asli hasil karya sendiri, bukan jiplakan, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis, baik di dalam maupun di luar Departemen Pendidikan Nasional yang diketahui oleh kepala sekolah.
5. Jumlah halaman sekurang-kurangnya 25 (dua puluh lima) halaman kertas
berukuran A4, tidak termasuk bagian awal dan lampiran-lampiran.
6. Diketik 2 (dua) spasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang baik dan benar.
7. Naskah lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:
a. Warna merah untuk guru SD;
b. Warna biru untuk guru SMP;
c. Warna abu-abu muda untuk guru SMA;


  • F. KERANGKA ISI
    1. Bagian awal
    1) Halaman judul
    a) Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.
    b) Nama penulis.
    c) Kedudukan guru yang menyatakan keberadaan guru pada satuan pendidikan SD/SMP/SMA dan mata pelajaran yang menjadi bidang tugasnya.
    d) Tanggal penulisan.
    2) Halaman pengesahan/persetujuan kepala sekolah
    Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala
    sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada)
    dan stempel sekolah yang bersangkutan.
    3) Kata Pengantar
    4) Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada
    5) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200 – 300 kata
    2. Bagian inti pembahasan
    1) Pendahuluan
    Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :
    a) Latar belakang
    o Menggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran
    o Menunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik, asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba keberhasilan pembelajaran
    b) Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.
    c) Tujuan dan manfaat penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan. Rumuskan secara rinci tujuan dan manfaat kegiatan penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan.
    d) Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.
    2) Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.
    a) Metode penelitian atau prosedur pembelajaran. Jelaskan secara rinci prosedur penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi pembelajaran/bimbingan yang dilakukan.
    b) Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas berapa kegiatan pembelajaran/bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana karakteristik siswanya.
    c) Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.
    d) Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau menggunakan instrumen yang terstandar.
    e) Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun kualitatif.
    3) Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran
    a) Hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
    b) Analisis hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran.
    4) Kesimpulan dan saran-saran
    a) Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran.
    b) Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.

3. Bagian Akhir
1) Daftar pustaka
2) Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan program pembelajaran dan lain-lain.
3) Setiap naskah lomba supaya dilampiri biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (contoh terlampir).


G. PERSYARATAN PESERTA
1. Peserta lomba adalah,
a. Guru kelas pada Sekolah Dasar (SD) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, Matematika, dan IPS.
b. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Matematika, dan IPS pada Sekolah Menengah Pertama (SMP).
c. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, Biologi, Matematika, Geografi, Sejarah, Ekonomi/Akuntansi dan Sosiologi/Antropologi pada Sekolah Menengah Atas (SMA).
2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Departemen Pendidikan Nasional, baik sebagai guru PNS maupun guru bukan PNS.
3. Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dibuktikan dengan SK pengangkatan/penugasan pertama sebagai guru.
4. Bagi yang pernah 2 (dua) kali menjadi pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional baik Pemenang I, Pemenang II, maupun Pemenang III dapat mengikuti kembali lomba ini setelah 5 (lima) tahun atau lebih dihitung dari kemenangannya yang terakhir.


H. WAKTU PELAKSANAAN
1. Penerimaan naskah lomba dimulai sejak tanggal 1 April 2009 dan paling lambat tanggal 31 Agustus 2009 (cap pos).
2. Naskah lomba asli sebanyak 1 (satu) eksemplar dikirim kepada:
"Panitia Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional "
Direktorat Profesi Pendidik
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Departemen Pendidikan Nasional
Gedung D Lantai 14 Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan, Jakarta Pusat
Telp/Fax. (021) 57974123


I. PENGHARGAAN BAGI PEMENANG
Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai
sebesar Rp. 800.000.000,- (Delapan ratus juta rupiah) dan piagam dari Menteri Pendidikan Nasional.
J. KETENTUAN LAIN
1. Pada pojok kiri atas sampul pengiriman ditulis "GURU SEBAGAI PEMERSATU BANGSA ".
2. Finalis Lomba akan dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2009. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2009.
3. Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan hak penerbitan naskah berada pada Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.


K. BIODATA
BIODATA PESERTA LOMBA
KEBERHASILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
TINGKAT NASIONAL TAHUN 2009


1 Nama
2 NIP/NIGB/NIY *)
3 Jabatan
4 Pangkat/gol. Ruang
5 Tempat dan tanggal lahir
6 Jenis kelamin
7 Agama
8 Mata Pelajaran
yang diajarkan
9 Masa kerja guru **) …………t ahun ………… bulan
10 Judul karya tulis ilmiah
11 Pendidikan terakhir
12 Fakultas/jurusan ***)
13 Status perkawinan Kawin/belum kawin ****)
14 Sekolah a. Nama sekolah
b. Jalan
c. Kelurahan/Desa
d. Kecamatan
e. Kabupaten
f. Propinsi
g. Telepon
15 Alamat rumah a. Jalan
b. Kelurahan/Desa
c. Kecamatan
d. Kabupaten
e. Propinsi
f. Telepon
16 Prestasi yang dicapai /
diperoleh *****)
a. ………………………………………………………..
b. ………………………………………………………..
c. ………………………………………………………..
17 Lomba Keberhasilan Guru
yang pernah diikuti
Berapa kali dan juara ke berapa
…………...……………………………………………….
……………, ……………..2009
Mengetahui :
Kepala Sekolah Peserta Lomba
……………………….………………………
NIP NIP
*) Dapat ditulis bagi yang memiliki
**) SK CPNS/SK Pengangkatan menjadi guru dari yayasan dilampirkan
***) Kalau ada
****) Coret salah satu
*****) Dapat ditulis di kertas tersendiri
Catatan : pojok Kanan Atas tempelkan foto 3 x 4 cm.

Sumber: sman1simobyi.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Nilai, Peran, visi Guru Penggerak dan Budaya Positif

Quran tentang Pembentukan Awan dan Hujan

Koneksi Antar materi Pengambilan Keputusan