Mengenalkan Huruf Kepada Anak

Anak adalah makhluk yang unik karena mereka mempunyai sifat egois, perajuk, pemalas, nakal, pendendam, pemalu dan periang. Terkadang orang tua dibuat jengkel oleh sifat anak-anak tersebut. Namun apabila sebagai orang tua memahami karakter anak, maka akan dapat menyikapi sehingga potensi yang ada pada anak akan dapat dibentuk sebagai bekal kelak jika dewasa. 

Sebagai orang tua perlu membelajarkan anak sedini mungkin. Walaupun begitu si anak tidak boleh dikekang dengan berbagai aturan untuk belajar seperti orang dewasa. Mungkin beberapa tips mengajari anak mengenal huruf atau tips mengajar anak berhitung dapat dipergunakan oleh orang tua mengajari anak.

Mengajar saat minta uang jajan
Anak-anak pastinya selalu minta uang jajan jika ada para penjual makanan lewat atau makanan ringan di toko atau warung. Sebagai orang tua, momen ini sangat bermanfaat untuk membelajarkan kepada anak untuk mengenal huruf atau angka. Cara yang dilakukan adalah:
  1. Menyediakan koleksi huruf atau angka yang ditempelkan di dinding.
  2. Pada saat anak meminta uang jajan, si anak diharapkan untuk dapat menyebutkan huruf atau angka yang ditunjuk. Dengan catatan tidak usah banyak huruf yang harus dikenal anak cukup 1 huruf atau 1 angka saja.
  3. Apabila anak dapat menyebutkan, barulah diberikan uang jajan.
Mengajar dengan Puzzle
Puzzle merupakan sarana bermain anak. Orang tua perlu menyediakan puzzle yang akan dipergunakan anak untuk dapat membongkar dan pasang. Biarkan anak untuk berkreasi sendiri dengan memilih huruf atau angka yang akan dipasangkan. Orang tua perlu membimbing dan mengarahkan saja.

Mengajar dengan Game
Di era teknologi, banyak software yang menawarkan pengenalan huruf atau angka kepada anak. Sofware ini dapat dijalankan baik melalui Hand Phone atau komputer/netbook. Anak-anak saat ini telah mampu mengoperasikan games. Dengan kemampuan ini, selaku orang tua perlu memanfaatkan untuk mengajarkan pengenalan huruf atau angka.

Semoga tulisan ini dapat membantu orang tua yang berusaha untuk mengajari anak mengenal huruf atau angka. Namun cara inipun dapat dilakukan oleh pendidik atau guru baik tingkat play group, TK maupun awal SD yang belum mampu mengenal huruf atau angka. Mudah-mudahan bermanfaat.


Info Buku

Sebagai referensi dapat memiliki buku dengan judul: BERMAIN DENGAN HURUF A - Z. Silahkan kunjungi penyedia resmi buku tersebut dengan klik di sini.

Catatan:
Untuk memudahkan dalam pencarian, copy judul buku kemudian paste di kotak pencarian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara, Nilai, Peran, visi Guru Penggerak dan Budaya Positif

Quran tentang Pembentukan Awan dan Hujan

Koneksi Antar materi Pengambilan Keputusan